Pengertian Virtual Account

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

pengertian virtual account
Sumber Gambar : jetorbit.com
Di zaman modern ini, perkembangan teknologi meningkat sangat pesat. Teknologi saat ini berperan penting dalam memudahkan segala bentuk aktivitas manusia. Seperti yang akan saya bahas kali ini, sebenarnya dengan adanya metode pembayaran dengan melalui transfer ke rekening bank BCA, Bank BNI, kartu kredit dan sebagainya, kita sudah sangat di mudah kan loh sobat. Sebab kita tidak perlu membawa uang banyak karena uang yang kita miliki sudah terdapat dalam kartu yang akan kita gunakan untuk pembayaran.

Tapi saat ini dengan perkembangan teknologi dan kemudahan yang ada, dibuatlah sebuah virtual account yang pastinya lebih sangat memudahkan kita.  Salah satu keuntungan dari pembayaran memakai virtual account ini yaitu cepat dan sangat praktis. Kita tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran dengan melalui bukti struk transfer. Tapi untuk lebih jelas dalam mengenal apa itu virtual account dan apa manfaatnya untuk kita dan perusahaan yang menerbitkannya, silahkan simak pembahasan di bawah ini.
Pengertian Virtual Account
Virtual Account adalah rekening tidak nyata (virtual). Virtual Account itu sendiri berisikan nomor ID customer yang dibuat Bank (sesuai permintaan perusahaan) untuk melakukan transaksi. Setiap satu transaksi, customer akan mendapatkan satu nomor ID Virtual Account yang disebut Virtual Account Number. Virtual Account Number tersebut unik dan berbeda tiap customer. Jadi, ketika anda membayar tagihan melalui Virtual Account maka konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis. Jadi, setiap setoran ke rekening Virtual Account pelanggan baik itu perorangan atau bukan, nantinya sistem bank dengan otomatis akan membukukan ke Rekening Utama perusahaan dengan mencatatkan nomor dan nama rekening Virtual Account. Virtual Account yang dibuat oleh bank itu tidak mempunyai jumlah tagihan yang pasti (open payment).
Apa Bedanya dengan Manual Transfer?
Terdapat beberapa hal yang membedakan antara transfer uang manual dengan virtual account, diantaranya adalah pelanggan harus melakukan konfirmasi setelah pembayaran selesai dilakukan melalui transfer manual. Konfirmasi tersebut biasanya dilakukan dengan mengirimkan bukti transfer berupa struk atau screen capture e-banking.

Sementara melalui virtual account, pembeli tidak perlu repot melakukan konfirmasi pembayaran. Anda hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor virtual account milik Anda. Selain itu, ketika membayar melalui manual transfer, Anda harus melakukan pembayaran menggunakan nomor rekening bank. Sedangkan jika menggunakan virtual account, Anda harus menggunakan nomor VA yang berbeda-beda untuk setiap kali transaksi yang terjadi.
Perkembangan Virtual Account
Terjadinya  peningkatan trend e-commerce (Perdagangan Elektronik) maka dibutuhkan suatu proses pembayaran transaksi supaya menjadi lebih mudah dan praktis baik untuk perusahaan atau pun pelanggan. Hal tersebut diwujudkan dengan membuat Virtual Account. Situs belanja online besar di Indonesia seperti  Lazada, elevenia, Blibli, MatahariMall, dan masih banyak lagi yang sudah menggunakan layanan Virtual Account untuk mempermudah pelanggan nya. Begitu juga dengan BPJS dan beberapa lembaga pendidikan juga sudah memakai Virtual Account.

Bank yang menyajikan layanan Virtual Account bertambah banyak, entah itu milik pemerintah misalnya BNI, Mandiri dan sebagainya atau pun bank swasta misalnya BCA, CIMB Niaga dan masih banyak lagi. Untuk bank, perusahaan dan pelanggan sama-sama diuntungkan, nantinya akan semakin banyak yang memakai Virtual Account untuk transaksi pembayaran online. Dan untuk perusahaan, Virtual Account akan mempermudah pelanggan bertransaksi dengan efektif, dan mempermudah Perusahaan mengenali dan mengidentifikasi arus kas yang masuk dengan rinci dan tepat.
Manfaat Virtual Account
Fasilitas layanan Virtual Account hampir sama dengan sistem kerja layanan debit online atau virtual credit card (VCC) dimana pelanggan mendapat layanan virtual saat bertransaksi online. VCC adalah alat yang berfungsi sebagai pengganti kartu kredit yang dapat dibuat oleh jasa VCC murah, dan untuk Virtual Account dibuat berdasarkan peminatan dan permintaan perusahaan ke Bank penyedia.

Virtual Account memberikan manfaat bagi pelanggan perusahaan sebagai proses pembayaran transaksi menjadi mudah dan praktis sebab satu transaksi pelanggan akan memperoleh satu nomor rekening virtual account unik yang sesuai dengan nominal transaksi yang diketahui sebelumnya. Jika sudah melakukan pembayaran maka proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung dengan otomatis tanpa harus melakukan konfirmasi manual sebab rekening hanya untuk pelanggan tersebut.

Dan untuk perusahaan yang membuat Virtual Account dana yang masuk ke rekening perusahaan langsung bisa digunakan sebab  pembayaran pelanggan secara real time langsung masuk ke rekening perusahaan. Untuk perusahaan bermanfaat untuk mempermudah dan mempercepat dalam melakukan proses penyelesaian perbedaan lewat rekening koran elektronik yang ada nomor virtual account identitas transaksi pelanggan di dalamnya.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Virtual Account, Perkembangan Virtual Account dan Manfaat Virtual Account. Semoga informasi yang saya bahas di atas dapat membantu dan bermanfaat ya sobat, serta dapat menambah ilmu dan pengetahuan kalian tentang kemudahan – kemudahan yang sudah kita rasakan di perkembangan teknologi saat ini. Apabila masih ada yang perlu ditanyakan tentang pembahasan di atas, silakan tuliskan di kolom komentar yang tersedia.

Sumber :
www.mastekno.com
www.domainesia.com

0 Response to "Pengertian Virtual Account"

Post a Comment

Jangan ragu untuk memberikan berkomentar anda dikolom bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel